Konsep Al-Quran Tentang Islam Moderat Dan Implementasinya Dalam Praktik Pendidikan Islam
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep al-Qur’an tentang Islam moderat dan implementasinya dalam praktik pendidikan Islam. Hal ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kajian-kajian tentang konsep keilmuan berbasis al-Qur’an cenderung bersifat teoritis, normatif dan sulit untuk diterapkan dalam praktek yang sebenarnya. Konsep Islam moderat sesungguhnya telah banyak dibicarakan cendekiawan dan alim ulama, naman praktek dalam dunia Pendidikan yang dikonstruksi secara komprehensif tampaknya belum begitu populer. Penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan tafsir maudhu'i atau tematik sebagaimana ditawarkan al-Farmawi. Untuk mendapatkan makna dalam dan substantif, penulis melakukan korespondensi dan melakukan triangulasi data menggunakan beberapa teknik dan analisis komparatif dan dialogis antara teks al-Qur’an dan konteks Pendidikan. Hasil temuan penelitian ini menjelaskan sepuluh prinsip utama Islam moderat menurut al-Quran dan implementasi prinsip-prinsip tersebut dalam praktik pendidikan Islam dapat dilakukan dengan beberapa strategi dan dalam beberapa aspek dan unsur pendidikan.
Copyright (c) 2022 Munir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.