Analisis Peran Program Tutorial Seminar Pendidikan Agama Islam di Universitas Pendidikan Indonesia dalam Memutus Mata Rantai Ekstremisme

  • Nadhira Nurul Afiah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Janiar Sopianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tresa Amelia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nabila Balqis Saefudin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Amelia Ananda Nuriza Universitas Pendidikan Indonesia
  • Achmad Faqihuddin Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Tutorial SPAI UPI, ekstremisme.

Abstract

Ekstremisme agama menjadi tantangan global yang mengancam stabilitas sosial, politik, dan keamanan. Di tengah ancaman fenomena ekstremisme ini, pendidikan agama memiliki peran yang krusial, terutama di perguruan tinggi. Maka, untuk mengetahui peran program keagamaan di perguruan tinggi, peneliti memfokuskan penelitian ini pada peran program keagamaan di Universitas Pendidikan Indonesia, yaitu kegiatan Seminar Pendidikan Agama Islam yang merupakan agenda yang wajib diikuti oleh Mahasiswa UPI yang mengontrak mata kuliah SPAI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif - kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket/kuesioner yang disebar kepada 30 mahasiswa Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai sumber data primer dan subjek kajian serta dengan melakukan kajian pustaka sebagai sumber data sekunder. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis data. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa Program Tutorial SPAI di Universitas Pendidikan Indonesia memiliki tingkat partisipasi yang tinggi dari mahasiswa dan dapat berperan dalam mencegah ekstremisme dengan menjadi kegiatan kokurikuler pilihan di perguruan tinggi.

Published
2024-12-21
How to Cite
Afiah, N. N., Sopianti, J., Amelia, T., Saefudin, N. B., Nuriza, A. A., & Faqihuddin, A. (2024). Analisis Peran Program Tutorial Seminar Pendidikan Agama Islam di Universitas Pendidikan Indonesia dalam Memutus Mata Rantai Ekstremisme. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 97-113. https://doi.org/10.53649/symfonia.v4i2.86