Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di SDN 05 Indralaya

  • Ahmad Maulidin Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya
Keywords: Pembelajaran Online, Kemampuan Berfikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran online di SDN 05 Indralaya pada masa pandemi Covid-19, 2) mengidentifikasi dampak yang terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN 05 Indralaya dalam pada masa pandemi Covid-19, dan 3) mengidentifikasi alasan dampak tersebut dapat terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN 05 Indralaya dalam pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua siswa kelas 1 sampai dengan kelas V SDN 05 Indralaya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka, wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) pelaksanaan pembelajaran online di SDN 05 Indralaya pada masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan.

2) pelaksanaan pembelajaran online, masing-masing kelas membuat grup WA, guru, 3) dampak positif dalam pembelajaran online adalah mendapatkan pengalaman baru dari pembelajaran online, kemampuan terhadap teknologi meningkat, dan waktu yang lebih fleksibel, 4) Sedangkan dampak negatif terkait kendala yang dialami antara lain, penambahan biaya kuota internet, gangguan jaringan internet, keterbatasan penguasaan teknologi, ketuntasan materi pelajaran tidak sesuai capaian kurikulum

Published
2021-06-15
How to Cite
Ahmad Maulidin. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di SDN 05 Indralaya. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 61-76. https://doi.org/10.53649/symfonia.v1i1.6