Tranformasi Pembelajaran PAI Di Era Digital

Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

  • Mukhamad Syaiful Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Ahmad Manshur Universitas Nahdlatul Ulama’Sunan Giri Bojonegoro
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Blended Learning, Transformasi Digital, Kualitas Pembelajaran, Literasi Digital.

Abstract

Transformasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi sebuah keharusan dalam menghadapi tantangan zaman digital yang menuntut fleksibilitas, relevansi, dan efektivitas pedagogis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi blended learning dalam pembelajaran PAI sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun spiritual. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, yang mengkaji berbagai sumber ilmiah tentang implementasi blended learning dalam konteks pembelajaran keagamaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa blended learning memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman konsep keislaman siswa, meningkatkan keterlibatan aktif dalam proses belajar, serta memperkuat respons spiritual secara reflektif. Model implementasinya memadukan pembelajaran tatap muka dan daring melalui berbagai platform digital dan metode interaktif. Namun, implementasi ini menghadapi tantangan seperti keterbatasan akses teknologi, rendahnya literasi digital guru dan siswa, serta kebutuhan terhadap pola pendampingan belajar yang berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan strategi pendukung seperti penguatan infrastruktur digital, pelatihan guru yang berkelanjutan, dan kolaborasi antara sekolah, keluarga, serta komunitas pendidikan. Dengan pendekatan yang terencana dan transformatif, blended learning berpotensi besar untuk merevitalisasi pembelajaran PAI agar lebih relevan, inklusif, dan berorientasi masa depan.

 

Published
2025-06-28
How to Cite
Syaiful Hadi, M., & Manshur, A. (2025). Tranformasi Pembelajaran PAI Di Era Digital: Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.53649/symfonia.v5i1.201