Implementasi Asesmen Portofolio Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Nurhayati Mahasiswa Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang
Keywords: Asesmen Portofolio, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penilaian pada pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya yaitu melalui portofolio. Penilaian portofolio merupakan salah satu asesmen hasil belajar yang didasarkan kepada kumpulan hasil belajar peserta didik dari waktu ke waktu, atau merupakan koleksi hasil kerja peserta didik, hasil asesmen, dan data lain yang menyajikan prestasi peserta didik. Implementasi asesmen portofolio pada mata pelajaran pendidikan agama Islam ini dapat dilakukan oleh para guru yang dalam menjalankan tugasnya, senatiasa berhadapan dengan kegiatan penilaian dalam proses pembelajaran. Melakukan penilaian bukan berarti memvonis peserta didik dengan harga mati, lulus atau gagal. Menilai adalah mencari informasi tentang pengalaman belajar peserta didik dan digunakan untuk umpan balik (feed back) dengan tujuan membelajarkan mereka kembali. Implementasi asasemen portofolio pada mata pelajaran pendidikan agama Islam merupakan pelaksanaan penilaian terhadap kumpulan hasil karya seseorang, baik dalam bentuk tertulis, karya seni, maupun dalam berbagai penampilan yang tersimpan dalam kaset, atau benda lainnya, yang dipilih dan ditata dengan aturan tertentu sesuai dengan tujuan penilaian dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.

Published
2021-06-15
How to Cite
Nurhayati. (2021). Implementasi Asesmen Portofolio Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 19-28. https://doi.org/10.53649/symfonia.v1i1.2