Implementasi Integrasi Sains dan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School Riau

  • Haris Septian UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Risnawati Risnawati UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Eva Dewi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Integrasi sains dan Islam, Pembelajaran, Karakter

Abstract

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan ilmu integrasi sains dan Islam yang ada di dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam degan tujuan terbentuknya karakter siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Integrasi Sains dan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School Riau serta faktor pendukung dan penghambatnya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti juga akan melakukan teknik yaitu triangulasi untuk pengecekan data dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi integrasi sains dan Islam dalam membentuk karakter siswa kelas XI di madrasah al-ihsan boarding sechool yaitu dengan menerapkan sains dan Islam kedalam pembelajaran dengan materi tertentu yang ada dalam mata pelajaran. Pendidikan agama Islam tersebut meliputi Pendidikan agama Islam, Akidah akhlak, fikih dan sejarah kebudayaan Islam dengan mengkaitkan materi yang berlandaskan ayat al-quran dan di buktikan dengan sains. Sedangkan faktor pendukung yaitu kompetensi guru di setiap mata pelajaran pendidikan agama Islam memiliki pemahaman yang baik dan kreatif tentang sains dan agama Islam, Kurikulum yang Terintegrasi serta adanya dukungan dari Kebijakan Sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu pada bahasa yang belum di kuasai oleh santri, Karna di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School Riau juga menerapkan bahasa arab pada saat kegiatan intrakulikuler. selain itu faktor penghambat lainya juga terdapat pada materi yang tidak semua materi yang ada pada mata pelajaran terdapat integrasi sains dan Islam.

Kata kunci: Integrasi sains dan Islam, Pembelajaran, Karakter.

 

Abstract

This research is motivated by the development of science and Islamic integration in learning, especially in Islamic religious education subjects with the aim of forming student character, this study aims to determine how the implementation of Science and Islamic Integration in Forming the Character of Class XI Students in Islamic Religious Education Subjects at Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School Riau and its supporting and inhibiting factors, this study uses a qualitative descriptive approach. In this case the researcher will also use a technique, namely triangulation to check data from various sources. The results of this study indicate that the implementation of science and Islamic integration in forming the character of class XI students at Madrasah Al-Ihsan Boarding School is by applying science and Islam to learning with certain materials in the subjects. Islamic religious education includes the Al-Quran, Hadith, Akidah, Akhlak, Fiqh and history of Islamic culture by linking materials based on verses of the Al-Quran and proven by science. While the supporting factors are the competence of teachers in each subject of Islamic religious education who have a good and creative understanding of science and Islam, an Integrated Curriculum and support from School Policy. While the inhibiting factor is the language that has not been mastered by the students, because in Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School Riau also applies Arabic during intracurricular activities. In addition, other inhibiting factors are also found in the material that not all materials in the subject have integration of science and Islam.

Keywords: Integration of science and Islam, Learning, Character.

Published
2025-06-28
How to Cite
Septian, H., Risnawati, R., & Dewi, E. (2025). Implementasi Integrasi Sains dan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School Riau. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 51-64. https://doi.org/10.53649/symfonia.v5i1.154