Kurang Akurat Pembelajaran Di Sekolah Ketika Pandemi Covid 19

  • Haryana Mahasiswa, Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya
Keywords: Pembelajaran, Sekolah, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia membawa perubahan yang sangat signifikan, khususnya dalam dunia pendidikan. Pada kondisi seperti saat ini, kegiatan pembelajaran mengalami dampak yang sangat besar, bahkan harus mengganti proses pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan disekolah, namun saat ini harus dilakukan dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran daring dan kajian dampak pandemi covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tidak struktur dan studi pustaka. Subjek penelitian berjumlah 3 responden, yaitu 1 guru kelas, 1 orang tua siswa, 1 siswa. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran daring sudah berjalan dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, google classroom dan zoom. Dampak positif adanya pandemi Covid-19, mengajak guru, siswa, dan orang tua mengenal teknologi. Namun, lebih banyak dampak negatif yang dirasakan, yaitu guru di harapkan dapat mencapai target kompetensi melalui pembelajaran daring ini, namun nyatanya untuk mencapai target tersebut masih banyak kendala, seperti kurangnya peserta didik dalam memberikan umpan balik secara cepat, peserta didik kurang dalam memahami materi yang diberikan, kurangnya alat komunikasi membuat peserta didik tidak dapat mengumpulkan tugas secara tepat waktu, penjelasan guru tidak jelas ketika signal buruk sehingga materi yang disampaikan tidak diterima dengan baik.

 

Published
2021-12-25
How to Cite
Haryana. (2021). Kurang Akurat Pembelajaran Di Sekolah Ketika Pandemi Covid 19 . Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 113-124. https://doi.org/10.53649/symfonia.v1i2.12