Studi Analisis Tematik Ayat Pendidikan Q.S. Al-‘Alaq: 1-5 dengan Analisis Hermeneutika Wilhelm Dilthey
Abstract
Pendidikan dalam Islam tidak hanya mencakup transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter dan akhlak. Ayat-ayat Al-Qur'an banyak memberikan petunjuk mengenai prinsip-prinsip pendidikan yang holistik. Dalam memahami ayat-ayat pendidikan tersebut, pendekatan hermeneutika dapat memberikan perspektif yang lebih mendalam, terutama pendekatan yang dikembangkan oleh Wilhelm Dilthey. Pendekatan hermeneutika Dilthey menekankan pemahaman subjektif terhadap teks dan konteks sosial serta historis yang melingkupinya. Dengan pisau analisis Dithley didapatkan kesimpulan antara lain bahwa pendidikan dalam Islam, sebagaimana yang tercermin dalam Q.S. al-Alaq: 1-5, tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter dan akhlak yang mulia, yang harus terus ditanamkan dalam proses pendidikan masa kini.
Copyright (c) 2024 Khozinul Alim, Ulfa Hoyriah, Reli Sulyani, Ani Nafisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.