Studi Analisis Tematik Ayat Pendidikan Q.S. Al-‘Alaq: 1-5 dengan Analisis Hermeneutika Wilhelm Dilthey

  • Khozinul Alim IAI Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Ulfa Hoyriah IAI Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Reli Sulyani IAI Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya
  • Ani Nafisah IAI Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya
Keywords: Pendidikan Islam, Al-Qur'an, Hermeneutika, Wilhelm Dilthey, Tafsir, Pendidikan Kontemporer.

Abstract

Pendidikan dalam Islam tidak hanya mencakup transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter dan akhlak. Ayat-ayat Al-Qur'an banyak memberikan petunjuk mengenai prinsip-prinsip pendidikan yang holistik. Dalam memahami ayat-ayat pendidikan tersebut, pendekatan hermeneutika dapat memberikan perspektif yang lebih mendalam, terutama pendekatan yang dikembangkan oleh Wilhelm Dilthey. Pendekatan hermeneutika Dilthey menekankan pemahaman subjektif terhadap teks dan konteks sosial serta historis yang melingkupinya. Dengan pisau analisis Dithley didapatkan kesimpulan antara lain bahwa pendidikan dalam Islam, sebagaimana yang tercermin dalam Q.S. al-Alaq: 1-5, tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter dan akhlak yang mulia, yang harus terus ditanamkan dalam proses pendidikan masa kini.

Published
2024-12-21
How to Cite
Alim, K., Hoyriah, U., Sulyani, R., & Nafisah, A. (2024). Studi Analisis Tematik Ayat Pendidikan Q.S. Al-‘Alaq: 1-5 dengan Analisis Hermeneutika Wilhelm Dilthey. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 143-154. https://doi.org/10.53649/symfonia.v4i2.106