Internalisasi Nilai-Nilai Quran pada Kurikulum Kampus Merdeka Pada IAIQI Indralaya Ogan Ilir

  • Ahmad Arifai Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum Sakatiga
Keywords: Kurikulum, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Internalisasi

Abstract

Kajian dalam penelitian ini mengangkat permasalahan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) di IAIQII tentang kurikulum berbasis al-Quran yang menjadi pertimbangannya, didalamnya ada prinsip-prinsip pengembangan kebebasan untuk memilih kompetensi dan mata kuliah sesuai dengan minat mahasiswa. Dari sekian banyakk kajian yang ada mengenai kurikulum MB-KM yang menjadikan al-Quran sebagai basis kurikulumnya. Kajian ini secara spesifik membahas upaya IAIQI untuk menginternalisasi nilai-nilai al-Quran dalam pengembangan kurikulumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif interpretative.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBKM di IAIQI telah di susun dengan rancangan yang memiliki ide-ide yang tidak terlepas dari basisnya yaitu basis al-Quran. Hal ini bisa dilihat dengan memperhatikan beragam kebijakan dalam kurikulum dalam setiap program studi baik dalam format, struktur kurikulum, sebaran mata kuliah serta alokasi sks pada setiap semester.

Published
2022-06-27
How to Cite
Ahmad Arifai. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Quran pada Kurikulum Kampus Merdeka Pada IAIQI Indralaya Ogan Ilir. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 37-46. https://doi.org/10.53649/symfonia.v2i1.8