Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Era Society 5.0
Abstract
Proses pembelajaran di kelas seringkali mempunyai tujuan terhadap kemampuan untuk memahami materi saja. Dalam kenyataannya dimana siswa seharusnya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sistematis, namun tidak dapat meningkatkan kemampuannya tersebut. Tujuan penelitian menyajikan strategi dalam menemukan model pembelajaran yang sesuai serta relevan terkait dengan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi, dikarenakan masa pun sudah berubah menuju era society 5.0. Strategi yang dipakai oleh pendidik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, tetap selalu mengupdate pengetahuan untuk menghadapi perubahan. Sehingga siswa memiliki menstimulus supaya mempelajari Pendidikan Agama Islam agar mampu menghasilkan orang-orang yang memberikan mashlahat terhadap dirinya, keluarga dan masyarakat, kasus demi kasus yang ada di negeri ini dapat diminimalisir melalui pemahaman siswa terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan teknik mengumpulkan data melalui berbagai artikel dan buku-buku yang relevan. Selanjutnya dilakukan analisis diskriptif, dan yang terakhir yaitu kesimpulan. Hasil penelitian dari artikel ini merupakan strategi pembelajaran yang wajib dimiliki oleh guru yang disesuaikan dengan era society 5.0 yang cocok dengan perkembangan zaman sekarang ini. Adapun strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam era society 5.0 tersebut yaitu strategi inquiry learning, strategi discovery learning, strategi blanded learning, strategi project based learning, dan strategi problem based learning.
Copyright (c) 2023 Eko Purnomo, Novita Loka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.