Implementasi Media Pembelajaran Teknologi dan Non Teknologi pada Pembelajaran PAI di SMAN 1 Ciampel
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan dalam pencapaian siswa antar kelas yang menggunakan kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi dan kelas yang menggunakan kegiatan belajar mengajar non teknologi pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Ciampel. Studi ini menerapkan metode kuantitatif dengan rancangan eksperimen yang bersifat kuasi (quasi- experimental design). proses pengumpulan data dilaksanakan melalui pre-test dan post-test serta observasi terstruktur. Pelaksanaan analisis data dengan perhitungan rata-rata nilai pre test dan post test serta uji N-Gain untuk mengukur peningkatan pencapaian belajar. Hasil analisis menunjukkan jika kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi mengalami peningkatan rata-rata nilai sebesar 18,77 poin, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan media non teknologi hanya meningkat sebesar 9,5 poin. Penerapan media pembelajaranberbasisteknologimenunjukkanbahwalebihefektifdalampeningkatanpencapaian belajar siswa dibandingkan dengan media non teknologi. Beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran PAI berbasis teknologi antara lain interaktivitas dan daya tarik media yang digunakan. Media teknologi memberikan visualisasi lebihb unggul, meningkatkan potensi siswa, serta menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik serta tidak monoton. Siswa menjaditidakpasif, termotivasi, dan mempunyaipengetahuanyanglebihmendalamterkaitmateri pembelajaran. Analisis ini memperlihatkan bahwa penerapan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar mempunyai efek yang baik dimana dapat menigkatkan pengetahuan dan capaian belajar siswa.
Copyright (c) 2025 Nabilla Cintana Gusti Banafsa, Olga Navelia, Nadia Rihadatul Aisy, Nurjannah, Puti Sahara, Khalid Ramdhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.