Perilaku Membolos Kelas 3; Studi Kasus Pada SMP Negeri 02 Srijaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi latar belakang siswa yang memiliki perilaku membolos dan mengetahui akibat dari perilaku membolos siswa kelas 3 Negeri 02 Srijaya di Sekolah. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku yang menyimpang di sekolah yaitu perilaku membolos yang dilakukan oleh siswa dan dalam hal ini berpengaruh dengan nilai akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa, untuk tempat penelitian di lakukan di SMP Negeri 02 Srijaya dan rumah subyek. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu faktor-faktor yang menjadi penyebab perilaku membolos yaitu kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, kurangnya komunikasi dengan orang tua, kurangnya dukungan terhadap motivasi belajar dari keluarga, kurangnya jam tidur malam/ bergadang, seringnya bangun kesiangan, kurangnya motivasi belajar, kurangnya berkonsentrasi saat pelajaran, rasa malas untuk berangkat sekolah, malas sama pelajaran yang diajarkan, malas dengan beberapa guru yang saat mengajar bikin mengantuk. Akibat yang timbul dari perilaku membolos yaitu sering mendapat panggilan dari guru BK, sering mendapat teguran dari guru wali kelas, panggilan orang tua kesekolah, sering ketinggalan pelajaran, absensi yang banyak tanpa keterangan, mendapatkan nilai yang tidak bagus bahkan di bawah nilai KKM. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, sebagai guru, khususnya guru BK yang memiliki peran sangat penting dalam membentuk perilaku siswa sehingga dapat menempatkan diri sebagai panutan yang baik dan menamkan tentang nilai-nilai norma etika serta landasan religius yang kuat sehingga siswa memiliki pondasi yang kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif.
Copyright (c) 2021 Ammar Fadlullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.